Daftar Museum Tertua Yang Ada Di Dunia

Museum adalah lembaga permanen, nirlaba, yang layani keperluan publik dengan berbentuk terbuka, serta lakukan usaha pengoleksian beberapa benda antik serta bersejarah, mengonservasi, meriset, mengomunikasikan, serta memperlihatkan beberapa benda antik serta bersejarah itu pada warga untuk riset, pendidikan, dan selingan.

Dari tahun ke tahun, situasi museum terus bertumbuh dengan seiringnya perubahan ilmu dan pengetahuan. Rata rata museum yang berada di masa kekinian ini ialah museum yang telah tua, serta berumur beberapa ratus tahun.

Inspirasi untuk simpan barang budaya dan bersejarah telah diawali semenjak beberapa ribu tahun kemarin dengan cara relevan.

Museum paling tua dalam riwayat museum dibuat oleh beberapa masyarakat Babilonia lebih dari pada 2500 tahun kemarin di kota Ur yang dibuat seputar 500 SM oleh Raja Nabonidus, raja paling akhir dari Kekaisaran Neo Babylonian. Museum paling tua ini diketemukan oleh Leonard Wooley di tahun 1925. Di bawah ini ialah beberapa museum paling tua di dunia.

Capitolini Museum

Capitolini Museum adalah salah satunya museum paling tua di dunia yang terdapat di Capitoline Hill, di Roma, Italia.

Museum yang disebut sisi barisan dari museum seni serta arkeolog ini, berdiri di tahun 1471, saat Paus Siktus IV menyumbangkan koleksi benda perunggu kunonya pada warga Roma.

Museum Capitolini ini terbagi dalam tiga lantai lho, yang terbagi dalam Palazzo Senatorio, Palazzo dei Conservatori, dan Palazzo Nuovo. Menariknya lagi, ke-3 lantai itu dibuat oleh pelukis serta arsitek yang populer di jaman Renaissance, yakni Michaelangelo Buonarrotti.

Museum Vatikan

Ini ialah satu tempat dimana Anda bukan hanya bisa nikmati satu museum tapi sekaligus juga beberapa museum. Diawali pada awal era ke 16, Musei Vaticani dapat diketemukan di Vatican City.

Lihat Juga : Museum Terbaik Yang Harus Kalian Kunjungi

Koleksi pertama kalinya dibeli atas instruksi Paus Julius II pada 1506. Koleksi awalannya diletakkan di Apartemen Borgia. Beberapa saat sesudahnya, satu gedung diperintah untuk dibuat untuk penampungan barang – barang itu. Sampai saat ini, Musei Vaticani ialah barisan museum dengan beberapa museum patung serta lebih banyak.

Museum Amerbach Cabinet

Tercatat untuk salah satunya situs bersejarah Swiss dengan nama Kunstmuseum Basel. Salah satunya museum paling tua di dunia ini dibeli oleh pemerintah Kota Basel di Swiss di tahun 1661. Pemerintah kota beli Amerbach Cabinet, koleksi karya yag dibikin oleh Hans Holbein, membuat jadi museum pertama yang dipunyai oleh pemerintah kota.

Sepuluh tahun selanjutnya, koleksinya yang berasal dari pertama era ke 15 berbentuk lukisan, gambar serta buah karya seni yang lain dibuka serta ditampilkan untuk umum. Momen ini mengidentifikasi pembukaan museum publik pertama di dunia yang masih tetap eksis sampai saat ini. Sekarang ini, koleksinya adalah sisi dari riwayat serta budaya yang kaya dari kota Basel.

Louvre Museum

Louvre Museum adalah salah satunya museum paling tua di dunia, yang terdapat di Rive Droite Seine, Paris, Perancis.

Louvre Museum ini berada di Istana Louvre, yang awalannya ialah satu benteng yang dibuat pada era ke-12, yang ada di bawah kekuasaan pemerintahan Philip II.

Louvre Museum ini, adalah museum seni, yang sebagian besar karya seninya datang dari property punya gereja serta kerajaan, yang diambil alih oleh Pemerintah Perancis. Louvre Museum ini, mulai dibuka untuk umum pada tanggal 10 Agustus 1793, dengan memperlihatkan minimal 537 lukisan.

Koleksi museum ini terus makin bertambah lho dari tahun ke tahun, yang tentu saja itu semua datang dari bantuan serta hadiah yang terus alami kenaikan semenjak waktu Republik Perancis Ke-3.

Di tahun 2008 lalu, koleksi Louvre Museum dipisah jadi 8 departemen kuratorial, yang terbagi dalam koleksi Mesir kuno, koleksi purbakala dari Timur Tengah, koleksi Yunani, Etruskan, serta Romawi, lalu ada juga koleksi seni Islam, seni pahat, seni dekoratif, seni gambar, serta yang paling akhir ialah seni gambar. Karya seni yang terpopuler di Louvre Museum ialah lukisan Mona Lisa karya pelukis Italia populer, Leonardo da Vinci.

Musee des Beaux Arts et d’archeologie de Besancon

Dalam bahasa Inggris bermakna Museum of Fine Arts and Archeology di Besancon, Perancis ini ialah museum paling tua dari seni rupa serta arkeologi di negara itu.

Museum dibuka pada 1694 sesudah Jean Baptiste memberi sumbangan koleksinya ke kota itu. Beberapa kurator membagi artefak jadi tiga kelompok yakni gambar, lukisan serta arkeologi. Sisi arkeologi simpan koleksi mesir, mumi Seramon, serta koleksi arkeologi dari waktu Gallo- Romawi. Sisi lukisan memajang evolusi seni di Eropa dari era ke 14 sampai ke 20. Museum simpan salah satunya kabinet gambar paling besar di dunia karena 5500 bantuan karya seni dari beberapa sekolah seni Eropa yang lain semenjak era ke 15.